Tuesday, August 3, 2010

Menyisipkan Persamaan di Halaman Web

Seringkali kita ingin menyisipkan persamaan matematika di halaman web. Karena tidak ada tool yang memadai, kita asal saja menuliskannya dengan teks ASCII biasa. Akibatnya, persamaan menjadi susah dibaca. Misalnya, jika seharusnya suatu persamaan mengandung integral ditampilkan seperti persamaan di bawah ini:
maka kita tidak bisa melakukannya. Bagaimana caranya untuk menuliskan lambang minus tak hingga? Bagaimana pula untuk menuliskan notasi integral? Susah sekali bukan?

Sayangnya, belum ada cara yang praktis dan mudah untuk menyisipkan persamaan seperti di atas. Anda bisa saja mengikuti tips untuk memformat html seperti yang ditunjukkan di sini. Tapi, perlu perjuangan sangat keras untuk sekedar menghasilkan persamaan sederhana seperti di atas.

Cara yang lain adalah dengan menggunakan MathML. Sayangnya, menggunakan MathML tidak mudah. Memang sudah ada editor untuk mempermudah penulisan persamaan, tapi tetap saja tidak semua browser mendukungnya. Chrome dan Safari tidak bisa menampilkan MathML.

Ada cara terakhir yang mungkin sedikit repot, tapi hasilnya bisa ditampilkan di browser apapun. Cara ini memanfaatkan LaTeX. Itu artinya, kita harus memasang LaTeX terlebih dahulu di komputer kita. Dengan demikian, kita juga harus paham notasi LaTeX untuk menuliskan persamaan. Setelah itu, source LaTeX untuk persamaan tersebut diubah ke dalam gambar yang bisa kita sisipkan di halaman web kita. Memang repot jika kita melakukannya secara manual. Namun, untungnya sudah ada script untuk mempermudah proses tersebut. Oh ya, kita juga tetap membutuhkan Python dan dvipng untuk bisa menjalankan script tersebut. Selengkapnya bisa dilihat di sini. Kita juga bisa memakai alternatif yang lain.
Update 8 April 2010:
Sekarang latex sudah dipasang di blog ini, sehingga kita bisa menampilkan persamaan seperti $\sum_{i=1}^nx_i$

5 comments:

  1. Sepertinya blogspot sudah mendukung script LaTex, lihat postingan ade ini:

    http://indonesianchipengineer.blogspot.com/2010/08/hubungan-ebno-dan-snr.html

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, akhirnya ada juga cara yang mudah untuk menyisipkan persamaan di halaman web. Tapi, kelihatannya itu kok link-nya ke wordpress ya? Jadi Ade memakai engine latex dari wordpress ya?

    ReplyDelete
  3. copy paste dari postingan saya di wordpress. Kalo untuk blogspot bisa lihat disini : http://watchmath.com/vlog/?p=438 . Minta tolong admin biar di apply di blogspot ini.

    ReplyDelete
  4. LaTeX sudah di-apply di blog ini, sesuai permintaan.

    Silakan dicoba =)

    Enjoy!

    ReplyDelete