Saturday, August 7, 2010

Ilustrasi ISI (bag.1)

Inter-symbol Interferense (ISI) adalah permasalahan yang tidak dapat dihindari dalam sistem komunikasi wireless. Setiap sinyal yang ditransmit akan mengalami multipath, sehingga receiver akan menerima sinyal yang notabene merupakan hasil akumulasi dari message yang sama yang terdelay dan dengan power yang bervariasi.

Berikut adalah ilustrasi mengenai multipath :


Base station memancarkan satu frame data. Receiver menerima beberapa sinyal yang datang bersamaan dimana setiap sinyalnya berisikan message yang sama.



Ilustrasi disamping menunjukkan apa yang terjadi pada sisi penerima. Setiap frame yang diterima di sisi penerima mengalami waktu kedatangan yang berbeda (delay) dan power yang berbeda (bisa dilihat dari tinggi tiap frame yang berbeda). Asumsi synchronizer pada sisi penerima sempurna mendapatkan awal frame dimulai dari awal frame merah.


Setiap frame terdiri dari beberapa simbol. Ilustrasi diatas menunjukkan ada 2 simbol dalam 1 frame. Karena semua frame berisikan message yang sama, maka akumulasi simbol pada waktu yang sama tidak menghilangkan informasi/data pada simbol tersebut. Garis putus-putus pada ilustrasi diatas menunjukkan batas dari simbol pertama. Bisa kita lihat adanya akumulasi simbol pertama dan simbol kedua, dimulai dari frame ungu. Sebagian simbol pertama frame ungu akan terakumulasi dengan simbol kedua frame merah. Begitu pula pada frame hijau, dan seterusnya. Kondisi inilah kita sebut dengan inter-symbol interference.

No comments:

Post a Comment