Thursday, April 7, 2011

Plugin Eclipse IDE untuk Desain dan Verifikasi (DVT)



Salah satu IDE (Integrated Development Environment) favorit saya adalah Eclipse, karena support untuk banyak bahasa, banyak plugin yang bisa diinstall dan developmentnya masih berjalan terus. Fitur yang dimiliki Eclipse diantaranya: syntax highlighting, code completing, automatic indention, dan tentunya debugging environment. Bahasa pemrograman yang disupport mulai dari  mulai dari Java, C/C++, SystemC, Python, sampai bahasa spesifik untuk Desain dan Verifikasi Chip seperti Verilog, VHDL, SystemVerilog, bahkan OVMUVM, dan Cadence e. Untuk memulai memakai Eclipse, install dulu Eclipse-basic package-nya, bisa pakai Eclipse biasa (Java) atau Eclipse CDT (C/C++). Saya memakai Eclipse CDT karena untuk development, saya membutuhkan C/C++, bukan Java.

Tak hanya bahasa pemrograman yang disupport, kelengkapan tools development lainnya seperti SCM (Source Code Management), CVS, SVN, Git, dan segudang tools lainnya (mereka mengklaim ada lebih dari 1000-an tools) yang bisa ditambahkan di Eclipse. Semua ini bisa didapatkan dengan menginstall plugin Eclipse dari website mereka, mereka menyebutnya Eclipse Marketplace. Secara umum, untuk instalasi Plugin Eclipse, tinggal buka Eclipse, klik Help > Install New Software, lalu bubuhkan alamat repository plugin yang ingin diinstall.

Untuk menginstall plugin DVT (Design and Verification) di Eclipse, berikut langkah-langkahnya:
1. Buka Eclipse
2. Klik Help > Install New Software
3. Pada form Work With, tulis: http://dvteclipse.com/update
4. Klik Add
5. Pada form Name, tulis: DVT
6. Klik OK, lalu akan muncul pilihan plugin yaitu: Design and Verification Tools dan Help Plugin.
7. Check-box semua pilihan lalu klik Next, lalu akan mucul summary dari plugin yang akan diinstal (seperti pada gambar diatas).
8. Klik Next, untuk membaca License Agreement, dan pilihkan I accept the term and license agreement
9. Klik Finish dan tunggu proses intalasi selesai. 
10. Restart Eclipse untuk mulai memakai tools DVT. 

Referensi selengkapnya bisa dilihat di Eclipse Marketplace atau DVT Eclipse.
Selamat mencoba! =) (ya2n)

No comments:

Post a Comment