Friday, July 30, 2010

Training Altium DXP 2004

Secara umum Software DXP 2004® ini merupakan bundel software yang tergabung atas beberapa software desain dari desain schematic, pcb, vhdl dll. Pada modul ini kita hanya akan fokuskan pada tiga fungsi dasar dxp yaitu desain schematic, pcb dan library .

Pada dasarnya hal yang kita lakukan dalam membuat sebuah pcb adalah merangkai atau menghubung-hubungkan setiap komponen yang kita butuhkan pada worksheet, sesuai dengan rangkaian yang sudah kita desain, kemudian setelah itu ‘gambar’ rangkaian yang sudah kita buat di dalam worksheet kita ‘pindahkan’ ke sebuah papan pcb kosong, lalu kita atur penempatan setiap komponen di pcb dan terakhir kita lakukan pengkabelan antar komponen sesuai gambar pada worksheet, kemudian langkah terakhir dilakukan pencetakan atas pcb yang kita desain.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan program ini adalah dalam hal library yang menjadi bagian dari software karena terkadang komponen yang kita butuhkan tidak terdapat pada library yang ada. Untuk itu, otomatis kita harus membuat sebuah library baru atau mengganti komponen tersebut dengan yang sudah ada. Untuk pembuatan library akan diterangkan tersendiri pada modul terpisah. Selamat menikmati sajian ini dan semoga berhasil…. (ingram ;-p ).

baca selengkapnya di : Training Altium DXP 2004

No comments:

Post a Comment